Kamis, 26 Februari 2015

Gara-gara Kroto

Engga terasa sudah berjam-jam ane masih di kandang kroto milik ane yang ukurannya ga terlalu besar dan ga terlalu kecil, bisa dibilang sedeng lah untuk ukuran pemula seperti ane. Memang bisa dibilang ane masih sangat awam urusan ternak kroto. Ane mulai ikutan ternak kroto awal Januari 2015, awalnya ane melihat di tipi-tipi dan ane punya pemikiran yang boleh dibilang bisa engga ya kaya krotobond atau krotojogja yang sudah sedari dulu bertengger di dunia ternak kroto. Apalagi mereka sudah mempunyai ribuan bahkan jutaan koloni, sedangkan ane satu toples juga belum dihuni semut sama sekali hhheeee..... maklum masih ada beberapa so nice yang belum dimakan.


Sarang semut rangrang
Ambilah sarang semut secukupnya.






Iseng-iseng cari sarang semut di pekarangan deket rumah, siapa tau nemu sarang besar di pohon yang tidak tinggi. Maklum, ane cuma bawa sabit hheeee. Terus tetangga ane ada yang tanya, "buat apaan tuh karung sama sabit?" Ane jawab, "ahh mau tau ajah, ane mo cari sesuatu, kroto buat pakan burung hahahhaaa...". "Cari kroto ya uda habis, di sini setiap hari disogroki sama pemburu kroto." Ane jawab lagi, "hhhaaa maka dari itu ane bawa sabit sama karung biar habis sekalian, sarang, semut sama krotonya ane ambil hhheee". Dianya diem seketika.

Lanjut ke topik gara-gara kroto


Tak jauh dari bincang bencong ane melihat sarang. Ya lumayan lah untuk pengenalan ane langsung sigap cepat ane potong sama sabit, pas uda terpotong sarang sama dahannya jatuh di kaki. Arrrggggghhhh semutnya naik ke kaki ane dan kaki ane pada bentol-bentol merah kena gigitan semut. Saran ane kalo mau cari semut di alam gunain celana yang lentur tapi ketat, agar semut ga masuk celana dan gigit masa depan ente-ente pada, hhhaaaa. Ane uda ngalamin itu, sakit banget beneran.



karung kandi hasil buruan sarang kroto
Tempatkan hasil buruan ke sarung kandi untuk sementara.


Itu pengalaman pertama ane yang paling berkesan dalam hal pengenalan semut, hhheee. Semut uda di dalam karung, kemudian ane langsung pulang. Karena ane uda baca-baca sedikit tentang semut agar cepat pindah ke toples, ane langsung praktekkin. Dan, wahhhhhhhhh semut langsung keluar sarang dan nempeel di tangan ane, sakitnya minta ampun. Maklum ane ga pake pengaman. Begitu semut sudah masuk ember trus ane sediain toples yang sudah ane beri jembatan penghubung seperti pada artikel cara paling cepat memindahkan semut kroto ke media toples,  terus ane pantengin tuh semut sambil nongkrong. Ga lama kemudian ibu ane manggil dan ane langsung berdiri. Tak taunya hp ane ga ane sakuin tapi ane taruh di perut. Begitu berdiri, langsung jatuh dan parahnya lagi jatuhnya ke kaki rak pengaman yang berisi air. Waduhhh....uda jatuh ketimpa tangga pula ini, tetep semangat demi kroto yang ane usahain buat para pecinta burung dan pemancing mania, hhhheee.


Demikian corat coret yang bisa ane coret. Silahkan dikomen atau berbagi pengalaman unik tentang gara-gara kroto. Semoga membantu dan terima kasih.

Artikel Terkait

Gara-gara Kroto
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email